Banyaknya peluang bisnis menjelang pasar bebas, bisnis konveksi tas merupakan salah satu pilihan untuk mengembangkan nilai investasi anda. Tentu saja membuka bisnis baru memerlukan perencanaan yang matang, analisa pasar dan semangat yang optimis.

Langkah Awal Membuka Konveksi Tas

Tempat

Umumnya konveksi membutuhkan tempat yang luas dan tidak di sekat-sekat. Dengan adanya tempat yang luas, memudahkan penyimpanan mesin dan area kerja yang luas pula untuk penjahit.

Listrik

Konveksi tas membutuhkan listrik yang cukup besar. 1 mesin kira-kira 250 watt, jika 10 mesin membutuhkan 2500 watt, belum termasuk lampu dan peralatan lainnya.

Tempat Makan

Selain tempat dan listrik, lokasi juga perlu diperhitungkan. Lokasi konveksi yang dekat dengan area tempat makan seperti warung nasi sederhana dapat membuat para penjahit anda betah di usaha konveksi tas anda.

Penjahit

Mencari penjahit dapat dikatakan susah-susah gampang. Namun jika sudah mengetahui caranya tidaklah sesulit yang difikirkan. Anda dapat membuka lowongan kerja di iklan koran di daerah anda atau juga daerah yang dikenal memiliki mata pencaharian di bidang jahit menjahit ini. Seperti garut, solo dan lainnya.

Penjahit Pengalaman dan Penjahit Tidak Pengalaman

Bagi anda yang baru memulai dan ingin meminimalkan anggaran modal usaha konveksi ini, mungkin sedikit tips ini berguna. Biasanya penjahit berpengalaman mematok harga atau pendapatannya minimal UMR. Anda dapat meminta penjahit ini untuk membimbing penjahit-penjahit yang pengalamannya masih sedikit di bidangnya. Namun anda juga harus teliti dalam memilih penjahit ahli tersebut, bagaimana karakter maupun kepribadiannya sehingga membuat perusahaan konveksi anda stabil dalam produksinya.

Umumnya mesin jahit, obras menggunakan mesin juki. Anda dapat membeli mesin yang baru atau yang second dengan setengah harga. Untuk mesin second atau bekas, anda diperlukan sedikit pengetahuan tentang mesin-mesin tersebut. Tentu saja anda tidak ingin usaha produksi tas anda banyak masalah dikarenakan anda salah memilih dan membeli mesin bekas tersebut, seperti banyak spare partnya yang akan dan sudah expired alias tidak bisa digunakan, atau mesin jahit tersebut sudah tidak layak pakai.

Namun jika anda baru terjun dalam usaha pembuatan tas ini dan tidak mempunyai pengetahuan tentang mesin jahit, anda dapat meminta bantuan montir atau seseorang yang anda kenal untuk membantu memilih mesin bekas tersebut. Selain itu anda dapat pengalaman dan pengetahuan baru.

Pola

Untuk membuat tas dari bahan kain, anda memerlukan penjahit yang dapat membuat pola dan menjadikannya sebuah sampel tas tersebut. Penjahit tersebut lebih dikenal sebagai tukang pola. Anda dapat merekrut tukang pola tersebut bila anda mempunyai banyak pekerjaan yang rutin dalam membuat tiap-tiap model tas. Namun jika tidak rutin, anda dapat me-makloon atau memberi pekerjaan tersebut kepada tukang pola free-lance.

Mesin Potong atau Cutting

Mesin potong yang digunakan bermerk KM, yamato dan lainnya. Untuk tukang potong kain diperlukan sedikitnya dua orang untuk menyusun tiap-tiap lembar kain yang siap dipotong.

Pengetahuan Produk

Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Dalam menjalani usaha atau bisnis konveksi tas anda perlu dibekali dengan pengetahuan dasar bisnis tas tersebut. Anda perlu mempelajari karakteristik kain, aksesoris yang bagus dan tidak bagus seperti resleting, kancing dan lainnya. Selain itu menjahit tas menggunakan benang yang bagus dan biasa memiliki perbedaan yang cukup penting. Menggunakan benang yang bagus dapat membuat kualitas jahitan tas tersbut awet dan tahan lama. Akhir kata, semoga sukses dengan pilihan bisnis anda.

Artikel Terkait

Open chat
Butuh info?
Salam kenal, perkenalkan nama saya david susanto. Butuh informasi tentang tas, jangan ragu untuk wa